Jumat, 13 April 2012

Ini Mobil Dibuat dari Limbah





Di tangan yang tepat, limbah berubah menjadi sesuatu yang bernilai.




 Sampah memang bukanlah sesuatu yang berharga lagi. Tetapi di tangan yang tepat, sampah bisa menjadi sesuatu yang bernilai. Dengan di daur ulang sampah justru bisa digunakan untuk bahan dasar mobil.

Apalagi kebijakan di Uni Eropa mengharuskan semua mobil baru untuk menggunakan 85% bahan daur ulang. Hal ini membuat beberapa perusahan perakit mobil di dunia terus melakukan inovasi dan mengolah limbah atau sampah untuk membuat mobil.

Dilansir Automotto, Kamis 5 April 2012, ada lima mobil yang telah menggunakan bahan daur ulang pada bagian komponennya.

1. Chevy Volt 
Limbah minyak yang mencemari lautan kini telah menjadi sesuatu yang bermanfaat oleh General Motors. Perusahaan asal Amerika tersebut telah membuat beberapa bagian di mobil Chevy Volt dari limbah yang mematikan tersebut.

Seratus ribu pon limbah minyak tersebut telah dijadikan untuk membuat bagian mobil yang mampu membelokan angin di sekitar radiator Chevy Volt. Pihak GM kini telah mengumpulkan cukup banyak limbah tersebut mencampurkannya dengan limbah ban bekas.

2. Miami 2011 GMC Terrain
Brickell Motors telah melengkapi Miami 2011 GMC Terrain miliknya dengan bahan daur ulang dan ramah lingkungan. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa barang-barang daur ulang yang digunakan tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga dapat menghemat biaya produksi mereka.

Interior di dalamnya menggunakan bahan tekstil yang didaur ulang dan juga serat tanaman yang kuat sehingga menjadikan bagian dalam mobil kedap suara dari kebisingan di luar. Pada bagian grill depan juga menggunakan plastik dari botol bekas yang didaur ulang.

3. Ford 
Siapa yang menyangka jika makanan bisa digunakan untuk memproduksi mobil? Pabrikan otomotif asal Amerika, Ford telah memanfaatkan kedelai dan ban bekas untuk membuat segel dan paking pada produknya.

Kendaraan seperti Ford Focus 2012 jauh lebih ringan, sehingga lebih efisien bahan bakarnya. Sejauh ini Ford telah mendaur ulang lebih dari satu juta kilogram ban bekas (setara 210.000 buah ban bekas) dan 75.000 kilogram kedelai.

4. SUV Listrik Kumho 
Produsen yang biasanya memproduksi ban, Kumho, kini sedang merancang sebuah mobil jenis Sport Ulitiy Vehicle (SUV), yang tingkat emisinya nol dengan bahan-bahan daur ulang.

Tidak hanya itu, perusahaan asal Jepang tersebut juga menggunakan karet daur ulang untuk membuat pintu, kap mesin, rear hatch, dan bagian bumper pada mobil SUV Fortis.

5. Mobil listrik EDAG
Perusahaan AG atau EDAG telah membuat prototipe mobil yang sangat bermanfaat bagi bumi. Seluruh bagian mobil tersebut dibuat dari serat basal yang merupakan bahan daur ulang.

Jika batterainya penuh, mobil ini mampu mencapai jarak sejauh 150 km, sementata lampu LED yang digunakan mobil ini membantu menyimpan energi yang menumpuk.

Light car ini masih dalam tahap penyempurnaan dan belum diketahui pasti kapan akan diluncurkan. Tetapi dengan teknologi seperti ini, mobil tersebut akan berdampak besar untuk mengurangi kerusakan energi yang terjadi di bumi.
Laporan: Wahyu Prasetyo



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar