Kamis, 19 April 2012

Beberapa Hal Yang Membuat AC Bau

Air Conditioning atau AC menjadi salah satu kebutuhan utama saat kita berada didalam kendaraan apalagi saat kondisi luar kendaraan terasa sangat panas. Sebagai pengguna AC tentunya anda sudah mengetahui penyakit yang sering menjakit AC, satu diantaranya AC Bau. Mungkin anda pernah mengalami atau pernah merasakan aroma tidak sedap yang keluar dari semburan AC, nah untuk masalah yang satu ini jangan dianggap remeh karena bisa mengganggu ketenangan anda di dalam kabin dan mempercepat umur AC. Berikut ini ada penjelasan singkat yang diberikan oleh Foreman Engine Mutiara Ban mengenai penyebab AC Bau dan solusinya.

Ada beberapa hal yang menyebabkan timbulnya aroma semburan AC menjadi bau, biasanya AC bau disebabkan oleh kotoran atau debu yang berada disekitar sistem AC. "AC bau itu penyebabnya dari debu dari kotoran karpret," ungkap Amir.M selaku Foreman Engine dan oli bengkel Mutiara Ban. Selain itu bagi anda yang sering membuka kaca mobil saat berada dijalan sebaiknya tindakan tersebut agak dikurangi karena dapat menyebabkan debu jalanan masuk ke dalam ruang kabin, dan bagi anda perokok hindari merokok di dalam mobil karena asapnya bisa membentuk plek diplafon. "Ngerokok juga jadi asapnya itu ke ruangan bisa bikin plek di plafon ya itu yang menyebabkab bau, tapi kalau bau itu sendiri dari kotoran di evaporator," jelas Amir.

Kalau dulu anda kurang memperhatikan kebersihan kabin kini saatnya anda peduli dengan kebersihan dari kabin itu sendiri, mulai sekarang rajin membersihkan bagian dalam mobil terutama bagian karpet yang merupakan sumber debu dan kotoran dari luar mobil,untuk menghindari karpet terlalu kotor atau berdebu ada baiknya anda membersihkan terlebih dahulu bagian bawah alas kaki anda sebelum masuk kedalam mobil, selain itu bersihkan juga bagian evaporator.

Tips lain untuk menghindari AC berarioma Bau yaitu dengan melakukan servis perawatan AC enam bulan sekali dan maksimal setahun sekali. Jika dalam kondisi mendesak anda bisa menggunakan atau memasangkan pewangi ruangan tetapi perlu anda ketahui tindakan tersebut tidak bekerja 100 persen untuk menghilangkan aroma bau. "Kalau buat urgent paling ngak pakai pewangi cuman kalau pewangi ngak begitu ngebantu, ngebantu sih ngebantu tapi untuk nilai seratus persen enggak ngebantu," ungkap pria yang ramah ini. [san/timABT]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar