Kamis, 19 April 2012

Bagaimana Cara Mengurangi Kebiasaan Buruk Saat Berkendara

Sebuah survei mengejutkan baru-baru ini di keluarkan oleh Virginia Tech, yang menyatakan 80 persen kecelakaan mobil disebabkan oleh aktivitas atau kebiasaan buruk pengendara saat mengemudi dan menurut National Highway Traffic Safety Administration ada sekitar 5,500 jiwa meninggal dunia tiap tahunnya akibat kecelakaan kendaraan. Mengemudi akan lebih aman dan tidak membuat anda stres jika mengurangi kebiasaaan buruk saat berkendara. Berikut ini ada beberapa tips mengurangi kebiasaan buruk saat berkendara.

1. Jika anda ingin mendengarkan musik atau radio selama perjalanan ada baiknya sebelum menempuh perjalanan atur lebih dulu musik atau gelombang radio sesuai selera anda. Atur juga suhu pendingin kabin (AC).

2. Periksa pesan di ponsel anda, jika isinya penting segera balas atau bertelepon sebelum meninggalkan garasi mobil. Penggunaan hands-free adalah legal tapi ada baiknya anda memusatkan seluruh perhatian untuk berkendara. Jika anda harus menjawab atau melakukan panggilan telepon usahakan menepi atau berhenti sejenak.

3. Atur GPS Anda, dan membiasakan diri menghapal rute jalan.

4. Atur waktu anda agar tidak terlalu terburu-buru saat berkendara.

5. Jika Anda bepergian dengan hewan peliharaan, posisikan hewan tepat di jok belakang agar aktivitas mereka tidak menggangu anda mengemudi.

6. Cobalah untuk tidak makan saat mengemudi, membersihkan tumpahan dilantai, atau mencoba untuk menghindari sesuatu, karena itu dapat mengalihkan perhatian anda.

7. Usahakan memakai make up atau mencukur dilakukan di rumah bukan saat anda berkendara.

Itulah beberapa tips mengurangi kebiasaaan buruk saat berkendara, mudah-mudahan tips tadi berguna bagi anda dan mengurangi kecelakaan mobil. [san/timBX]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar