Jumat, 20 April 2012

Bersihkan Sendiri Busi Mobilmu


 
Kinerja busi memang penting untuk selalu diperhatikan. Hal kecil seperti saat penggantiannya pun harus dilihat apakah kode dan spesifikasi busi baru yang dipakai sesuai atau sama dengan busi terdahulu. Kesesuaian kode terasa penting karena kalau salah sistem pengapian mesin mobil akan dapat terganggu.

Ketidaksesuaian spesifikasi dapat berpengaruh pada percikan bunga api yang kemungkinan akan kecil atau bahkan tidak memercik sama sekali alias mobil mogok. Mengganti busi dengan membelinya langsung akan memerlukan biaya khusus daripada anda pintar merawatnya ataupun membersihkan sendiri busi mobil anda.

Terdengar kurang praktis bukan ? Tapi membersihkan busi sedikit banyak akan mampu memperpanjang usia busi itu sendiri dan otomatis biaya untuk penggantiannya pun jadi tidak perlu digunakan. Berikut beberapa langkah yang bisa dipelajari sewaktu anda hendak membersihkan busi mobil dan memasangnya kembali di mesin mobil :

1. Jika mobil habis dipakai pastikan dahulu mesin kendaraan anda sudah dalam kondisi dingin agar tidak terjadi kerusakan lain yang kemungkinan bisa timbul.
2. Persiapkan alat-alat yang dibutuhkan mulai dari kunci busi dan sikat kawat ataupun juga blower.
3. Prosedur mudah ialah dengan menyikatkan kotoran dan debu yang menempel dengan sikat kawat. Ada baiknya jika setelah selesai gunakan juga spray pembersih (cleaner) agar kotoran kecil dapat terangkat seluruhnya dan busi terlihat lebih bersih.
4. Cara lain yang bisa dilakukan ialah dengan menggunakan pompa ban atau kompresor udara untuk membersihkan setiap rongga yang biasanya debu atau kerak.
5. Pastikan anda rutin melakukan hal ini karena walau terkesan mudah hal ini bisa berpengaruh baik bagi kinerja busi dan pengapian mobil anda.

Yups.... murah dan mudah bukan [mot/timABT]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar